AI Bantu Arahkan Pelamar Kerja Ke Posisi Yang Tepat

Oracle meluncurkan Oracle Career Coach, solusi rekrutmen berbasis AI yang membantu kandidat menemukan pekerjaan yang sesuai dan memudahkan departemen SDM mengidentifikasi talenta terbaik. Dengan pengalaman personalisasi, wawasan talenta mendalam, dan asisten AI real-time, proses perekrutan kini lebih cepat dan efisien.

Pencari kerja saat ini menghadapi proses rekrutmen yang sangat kompetitif dan seringkali membuat frustrasi. Di sisi lain, tim rekruter kewalahan oleh tingginya volume pelamar yang tidak sesuai dan kesulitan mengidentifikasi talenta terbaik secara cepat.

Oracle memperkenalkan Oracle Career Coach, solusi yang dirancang untuk memberikan pengalaman kandidat yang digerakkan oleh AI. Tool baru ini bertujuan meningkatkan kualitas pelamar, memberikan wawasan talenta yang lebih komprehensif kepada tim rekrutmen, dan membantu kandidat menemukan kecocokan pekerjaan yang lebih baik. Oracle Career Coach menerapkan AI untuk menghilangkan hambatan dalam proses rekrutmen dan melancarkan proses dari eksplorasi hingga melamar.

Nagaraj Nadendla, senior vice president, HCM Product Development, Oracle, mengatakan, “Pencari kerja saat ini menghadapi lanskap perekrutan yang sangat kompetitif dan seringkali menjengkelkan, sementara perekrut kewalahan oleh volume besar kandidat yang tidak sesuai dan kesulitan untuk secara efisien mengidentifikasi talenta terbaik.”

Pengalaman Coaching Berbasis AI

Oracle Career Coach memberikan pengalaman berbasis AI yang lengkap, mulai dari penemuan pekerjaan hingga perekrutan. Solusi ini memungkinkan kandidat mengirimkan aplikasi yang lebih terarah dan menghasilkan pelamar berkualitas lebih tinggi bagi perusahaan. Kelebihan ini memberdayakan organisasi untuk meningkatkan skala secara lebih lancar. Fungsi-fungsi utama solusi ini dikelompokkan menjadi tiga area utama:

1.Personalisasi Hyper Pengalaman Kandidat:

  • Analisa kandidat: Fungsinya membantu kandidat internal dan eksternal memasarkan diri mereka untuk peran yang diinginkan, memberikan wawasan yang lebih dalam kepada organisasi mengenai keterampilan dan kapabilitas mereka, di luar hanya data resume.
  • Rekomendasi pekerjaan yang tepat: Fungsinya adalah memberikan rekomendasi pekerjaan yang dipersonalisasi berdasarkan profil talenta, pengalaman, preferensi, dan aspirasi kandidat.
  • Asisten on-deman: Fungsinya menyediakan bantuan AI percakapan real-time 24 jam sehari untuk segala hal, mulai dari menjawab pertanyaan, penyaringan kualifikasi, hingga simulasi wawancara.

2.Perekrutan Talenta Berkualitas dengan Cepat:

  • Mempercepat lamaran kerja: Fungsinya membantu kandidat yang memenuhi syarat melamar pekerjaan yang tepat lebih cepat dengan secara otomatis mentransfer data profil mereka ke dalam bidang aplikasi.
  • Mempermudah penjadwalan wawancara: Fungsinya menghemat waktu rekruter dan kandidat dengan mengoordinasikan wawancara sekali klik untuk kandidat yang telah lolos kualifikasi.

 

3.Mencerminkan Brand di Setiap Channel:

  • Penerapan merek: Fungsinya memberikan pengalaman kandidat yang konsisten dan dipersonalisasi dengan memungkinkan pelanggan menyesuaikan pengalaman dengan proses perekrutan dan panduan brand spesifik mereka.
  • Akses Multi-channel: Fungsinya memberdayakan rekruter untuk bertemu kandidat di mana pun mereka berada, dengan memungkinkan percakapan yang lancar di berbagai channel seperti SMS dan WhatsApp.

Sebagai bagian dari Oracle Fusion Cloud Applications, Oracle Cloud HCM adalah solusi lengkap yang menghubungkan setiap proses sumber daya manusia, dari perekrutan hingga pensiun, di seluruh organisasi dengan platform pengalaman karyawan native dan kapabilitas AI yang tertanam. Selain AI agents baru yang tertanam dalam Oracle Fusion Applications, pelanggan dan mitra juga memiliki fungsi untuk membuat dan mengelola AI agents unik mereka sendiri menggunakan AI Agent Studio for Fusion Applications.