AI Oracle Bantu Pasien Pahami Rekam Medis

Banyak orang kesulitan memahami istilah medis dan hasil tes yang rumit, sehingga seringkali menyebabkan kebingungan dan menghambat mereka untuk berperan aktif dalam perawatan kesehatan. Kurangnya pemahaman ini menjadi hambatan bagi pasien untuk mengelola kesehatan mereka dengan efektif dan berkomunikasi dengan tim medis. Untuk mengatasi masalah ini, Oracle menghadirkan kemampuan AI baru ke portal pasiennya.

Sebagai solusinya, Oracle akan mengintegrasikan fitur AI ke dalam Oracle Health Patient Portal, yang dirancang untuk menyederhanakan informasi medis yang rumit. Portal ini akan memungkinkan pasien untuk mendapatkan penjelasan yang jelas dan sederhana tentang diagnosis, hasil tes, dan pilihan perawatan. Mereka juga akan bisa mengajukan pertanyaan spesifik tentang catatan medis mereka secara langsung di dalam portal tersebut.

Fungsi utama dari AI ini adalah membantu pasien memahami dan mengelola perawatan mereka dengan lebih baik. Misalnya, pengguna dapat bertanya, Apa arti singkatan ini? atau Bagaimana hasil tes kolesterol terbaru saya? dan AI akan memberikan jawaban yang relevan dan instan. Hal ini dirancang untuk memberdayakan pasien dengan informasi yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan kesehatan.

Fitur Oracle Health Patient Portal

Berikut beberapa fitur Oracle Health Patient Portal yang dapat membantu pasien lebih memahami hasil rekaman medis:

  • Menjelaskan hasil yang rumit: Jika laporan lab menunjukkan nilai yang tidak umum seperti eGFR 52, AI dapat menjelaskan makna nilai tersebut dan mengapa nilai itu penting untuk dipantau.
  • Menyederhanakan terminologi medis: AI dapat menerjemahkan istilah seperti penyakit jantung hipertensi ke dalam bahasa yang mudah dimengerti.
  • Membantu persiapan kunjungan dokter: Pasien bisa bertanya tentang hasil tes mereka dan hubungannya dengan resep atau gaya hidup, membantu mereka menyiapkan pertanyaan yang relevan untuk dokter.
  • Menyusun pesan: Portal dapat membantu pasien membuat pertanyaan yang jelas dan relevan untuk dikirim ke dokter mereka melalui pusat pesan yang aman.
  • Menjadwalkan tindak lanjut perawatan: AI dapat memberikan berbagai pilihan janji temu dan saran alternatif untuk memudahkan pasien memesan waktu yang sesuai.

Seema Verma, executive vice president and general manager, Oracle Health and Life Sciences, mengatakan, “Menyediakan pengalaman percakapan serupa ChatGPT di Oracle Health Patient Portal yang dibangun menggunakan model OpenAI terdepan dan dalam kerangka keamanan Oracle yang terjamin menunjukkan bagaimana kecerdasan buatan yang bertanggung jawab dapat memberdayakan pasien dengan informasi lebih banyak tentang kesehatan mereka.”

Fungsionalitas AI pada portal ini dibangun di atas model OpenAI, tetapi dirancang dengan perlindungan keamanan Oracle. Untuk menjaga privasi pasien, tidak ada data medis pribadi yang disimpan oleh OpenAI. Sistem ini juga tidak memberikan diagnosis, resep, atau rekomendasi perawatan, melainkan berfokus pada penyederhanaan konsep dan istilah rumit.