Bank Thailand Ini Berhasil Pangkas Banyak Beban Kerja

(Source: Freepik)

Bank of Ayudhya PCL (Krungsri), bank terbesar kelima di Thailand, terus bergerak maju dalam perjalanan cloud mereka dengan Amazon Web Services (AWS). Krungsri berhasil memangkas waktu migrasi cloud hingga lebih dari 50% dari pemanfaatan agen AI generatif. Keberhasilan migrasi beban kerja ke cloud ini menjadi fondasi penting bagi strategi AI komprehensif bank, yang mencakup berbagai inisiatif mulai dari deteksi rekening penipu hingga optimasi layanan ATM. Tujuan dari transformasi digital ini adalah untuk melayani pelanggan dengan lebih baik dan memerangi kejahatan finansial.

Untuk mempercepat migrasi platform data mereka, termasuk data warehouse dan model machine learning, dari infrastruktur on-premises ke lingkungan cloud, Krungsri mengambil langkah inovatif dengan mengembangkan agen AI generatif khusus. Agen-agen ini dibangun menggunakan Amazon Bedrock dan dioperasikan melalui layanan AWS seperti Amazon SageMaker, AWS Lambda, dan Amazon EventBridge. Agen AI ini memiliki kemampuan otomatis untuk mengonversi skrip pemrograman atau kode yang ada dari lingkungan on-premises agar dapat berjalan dengan lancar di lingkungan cloud.

Krungsri semakin meningkatkan pengalaman pelanggannya melalui penerapan berbagai inisiatif AI. Bank tersebut mengembangkan solusi penilaian properti menggunakan model prediksi dari Amazon SageMaker, yang digunakan untuk mengerjakan tinjauan aset. Sejak Februari 2024, pendekatan ini tidak lagi memerlukan petugas yang datang ke lebih dari 2.000 kunjungan penilaian properti langsung di lokasi, menghasilkan penghematan sekitar 5 juta Baht, dan memangkas waktu evaluasi per kasus dari tiga hari menjadi hanya 15 menit. Selain itu, Krungsri juga mengoptimalkan pengisian uang tunai untuk ATM dan layanan mobil carteran di seluruh Thailand. Mereka melakukannya dengan merampingkan 6.000 model machine learning yang ada menjadi hanya tiga model yang lebih efisien.

Keunggulan signifikan dari agen AI yang dikembangkan oleh Krungsri adalah sifatnya yang dapat digunakan kembali. Agen-agen ini dan aset AI terkait seperti algoritma konversi atau skrip otomatisasi tidak hanya efektif untuk migrasi awal, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk proyek migrasi di masa depan dan berbagai tugas transformasi data lainnya.

“Di Krungsri, kami tidak hanya bermigrasi ke cloud. Kami mengubah cara kerja perbankan dengan AI,” kata Tul Roteseree, head of Enterprise Data and Analytics Group, Krungsri.

“Krungsri meningkatkan kemampuan pencegahan penipuan, merampingkan operasi, dan menetapkan standar baru untuk perbankan di Thailand dengan memanfaatkan AWS untuk AI generatif, machine learning, dan skalabilitas cloud,. Kami bangga mendukung Krungsri dalam membangun masa depan yang lebih aman, efisien, dan didukung AI bagi pelanggannya,” tambah Vatsun Thirapatarapong, country manager, AWS Thailand