Brand Bisa Gunakan Fitur AI Baru Snapchat Untuk Gaet Pengguna

(Source: Snapchat)

Snapchat memperkenalkan Sponsored AI Lenses, format iklan baru yang memanfaatkan teknologi generative AI untuk menciptakan pengalaman augmented reality (AR) yang dipersonalisasi. Iklan ini memungkinkan pengguna Snapchat menjelajahi berbagai gaya visual, seperti tampilan rambut era ‘90-an, kostum bertema koboi, atau tren fesyen terkini secara interaktif melalui kamera aplikasi. 

Merek yang menggunakan format ini mendapatkan kesempatan meningkatkan kemunculannya 25-45% per hari. Sejumlah merek seperti Uber, Tinder, dan artis musik Coldplay telah memanfaatkan Sponsored AI Lenses. Uber membuat lensa AI bertema “My Thanksgiving Vibe” untuk menghadirkan suasana perayaan buat pengguna, sementara Tinder mengusung tema “My 2025 Dating Vibe” sebagai bentuk daftar keinginan di tahun baru. Coldplay menggunakan Lensa AI dari Snapchat untuk membawa penggemar ke semesta album Moon Music saat peluncurannya. Snapchat mengklaim durasi interaksi pengguna dengan Sponsored AI Lenses lebih lama dibandingkan lensa biasa, dengan memberikan contoh Uber dan Tinder berhasil mencatatkan waktu penggunaan di atas rata-rata.

Teknologi generative AI pada Sponsored AI Lenses tidak membutuhkan desain 3D atau efek visual (VFX) yang rumit. Alih-alih, platform ini menyediakan template berbasis AI yang bisa memangkas waktu produksi. Proses ini memungkinkan merek membuat konten kreatif lebih cepat, sekaligus menawarkan visual unik dan dinamis yang memperkuat cerita iklan. 

Sponsored AI Lenses tersedia di Lens Carousel, fitur AR Snapchat yang digunakan lebih dari 300 juta pengguna setiap hari. Fitur baru Snapchat ini akan membantu merek untuk tidak hanya meningkatkan keterlibatan audiens, tetapi juga membangun koneksi emosional melalui gaya cerita yang kreatif.