Menurut penelitian dari Verified Market Research, nilai pasar Contact Center as a Service (CcaaS) telah mencapai $16,49 miliar pada tahun 2023. Angka ini menunjukkan semakin banyaknya bisnis yang menyadari manfaat dari solusi berbasis cloud dalam mengelola pusat kontak mereka.
CCaaS merupakan solusi berbasis cloud yang memungkinkan bisnis mengelola operasi layanan pelanggan tanpa perlu melakukan investasi besar untuk perangkat keras. Dengan CCaaS, perusahaan dapat mengelola panggilan masuk dan keluar, chat, email, dan interaksi media sosial melalui satu platform terpadu dan membuat bisnis dapat menyesuaikan kapasitas mereka sesuai dengan kebutuhan.
Berbagai fitur yang disediakan CCaaS seperti, perutean panggilan, Interactive Voice Response (IVR), chatbot virtual bertenaga AI, integrasi dengan CRM, dan fitur analisis. Melalui CCaaS, perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar untuk membeli dan memelihara perangkat keras seperti server, telepon, dan perangkat lunak.
Selain itu, CCaaS dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem CRM dan alat bisnis lainnya yang digunakan perusahaan dan membuat CCaaS sangat fleksibel untuk berbagai kebutuhan bisnis. Kemudian, CCaaS dilengkapi dengan alat analisis yang kuat yang memungkinkan perusahaan untuk melacak kinerja secara real-time. Data dari analisis ini dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan membuat keputusan yang lebih data-driven.
Zoom Contact Center merupakan salah satu solusi CCaaS terkemuka yang menawarkan berbagai fitur dan integrasi yang mudah dengan alat bisnis lainnya. Melalui AI Companion, Zoom Contact Center dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas Contact Center mereka.