Ferrari dan IBM Hadirkan F1 di Genggaman Tifosi

(Source: IBM)

Hampir 400 juta Tifosi penggemar dan pendukung armada Formula 1 Scuderia Ferrari HP mendapatkan apa yang mereka impikan. IBM dan Scuderia Ferrari HP berkolaborasi menghadirkan pengalaman aplikasi mobile baru yang dirancang untuk membawa para penggemar lebih dekat dengan mobil, pembalap, dan balapan yang mereka cintai.

Aplikasi baru yang menjanjikan pengalaman lebih mendalam kini tersedia dalam bahasa Inggris dan untuk pertama kalinya, bahasa Italia. Mesin AI generatif IBM watsonx menjadi mesin pendorong utama untuk menghasilkan ringkasan balapan serta mengubah data balapan yang kompleks menjadi narasi menarik.

Penggemar laga jet darat F1 dapat melihat data dari pembalap dan mobil setelah balapan usai. Tidak hanya cuaca, kondisi trek, hasil sesi, serta strategi mobil dan penggunaan ban, bahkan data dari sensor mobil ke tim teknisi yang dikirimkan secara real time selama balapan akan hadir dalam bentuk tampilan visual dinamis.

Tifosi juga akan dimanja dengan analisis yang memberikan perbandingan momen-momen kunci pada balapan 2025 dengan pencapaian balapan Scuderia Ferrari HP di masa lalu. Insight ini dihasilkan oleh LLM dari watsonx, termasuk IBM Granite, dan disertakan dalam rangkuman balapan yang dihasilkan oleh AI serta konten Scuderia Ferrari HP lainnya.

Pengguna aplikasi bisa mengirim pesan langsung ke tim Scuderia Ferrari HP dengan peluang untuk ditampilkan dalam platform komunikasi utama tim, termasuk unggahan media sosial, blog tim, dan lainnya. Tersedia pula polling harian interaktif di mana penggemar dapat memberikan suara mereka pada berbagai topik, mulai dari kualifikasi hingga momen-momen ikonik tim.

Jonathan Adashek, Senior Vice President of Marketing and Communications di IBM, mengatakan, “Dengan AI, kami menciptakan cetak biru baru untuk keterlibatan penggemar secara digital guna membawa mereka lebih dekat ke Scuderia Ferrari, baik saat akhir pekan balapan maupun tidak. Aplikasi ini dibangun dengan teknologi data dan analitik yang sama yang digunakan oleh klien IBM di berbagai industri untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, membantu karyawan mencapai tingkat produktivitas baru, dan membuat keputusan bisnis yang lebih tepat dan berbasis data.”

“Dengan teknologi AI yang mutakhir dari IBM dan komitmen bersama kami terhadap inovasi dan keunggulan, kami menciptakan pengalaman digital yang layak menyandang nama Ferrari. Proyek ini baru saja diluncurkan dan akan menjadi semakin komprehensif dalam beberapa bulan mendatang dengan memaksimalkan potensi tools yang disediakan oleh IBM,”  tambah Lorenzo Giorgetti, Chief Racing Revenue Officer, Ferrari.

IBM dan Scuderia Ferrari HP berkomitmen untuk terus meluncurkan fitur-fitur baru sepanjang tahun 2025 demi membuat musim balap semakin menarik.