Gunakan Platform AWS Cloud, Krom Bank Pacu Kemudahan Pembuatan Rekening di Indonesia

Indonesia masih menghadapi kesenjangan yang signifikan dalam hal inklusi keuangan. Banyak masyarakat, terutama di daerah terpencil, kesulitan mengakses layanan perbankan karena berbagai kendala seperti kurangnya infrastruktur dan literasi keuangan.

PT Krom Bank Indonesia Tbk, bagian dari Kredivo Group, berhasil memanfaatkan Amazon Web Services (AWS) untuk merevolusi layanan keuangan di negara ini. Dengan fokus pada inklusi keuangan, Krom Bank berupaya menjangkau jutaan masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses ke layanan perbankan.

Dengan membangun seluruh infrastrukturnya di atas AWS, Krom Bank mampu menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah terpencil, melalui aplikasi mobile yang mudah digunakan. Fleksibilitas AWS memungkinkan Krom Bank untuk mengembangkan fitur dan layanan baru dengan cepat, seperti e-KYC, pengenalan wajah, dan chatbot.

Beberapa teknologi AWS yang telah diadopsi oleh Krom Bank antara lain, Amazon Aurora sebagai basis data, Amazon Elastic Container Service untuk mengembangkan dan mengelola aplikasi mobile, Amazon Rekognition untuk verifikasi identitas pelanggan, Amazon SageMaker untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mendeteksi penipuan, serta Mambu untuk mengembangkan berbagai produk dan layanan keuangan.

Hasilnya, jutaan masyarakat Indonesia terutama kaum muda yang sebelumnya tidak memiliki akses ke layanan perbankan, kini dapat menikmati berbagai fasilitas keuangan melalui Krom Bank. Proses pembukaan rekening baru menjadi lebih cepat 10-20 kali lipat dibandingkan melakukannya di bank fisik, serta mudah berkat fitur e-KYC. 

Kemitraan antara Krom Bank dan AWS telah membuktikan bahwa teknologi cloud dapat menjadi katalisator dalam mendorong inklusi keuangan di Indonesia. Dengan terus berinovasi dan memanfaatkan potensi AWS, Krom Bank semakin dekat dengan visinya untuk memberdayakan masyarakat Indonesia secara finansial.

“AWS menyediakan fleksibilitas yang kami butuhkan untuk mengembangkan rangkaian layanan perbankan seluler yang inklusif secara finansial dengan cepat, menjadikannya menarik dan mudah digunakan,” kata Anton Hermawan, Presiden Direktur, Krom Bank.