Net Publik, Jakarta – IBM dan The All England Lawn Tennis Club (AELTC) berkolaborasi untuk menawarkan pengalaman digital Wimbledon yang lebih dinamis kepada para penggemar melalui fitur baru yang disebut “Catch Me Up”.
Catch Me Up akan memanfaatkan data pertandingan dengan AI generatif dari AI dan platform data IBM, watsonx, untuk terus memberikan informasi terbaru kepada para penggemar tentang pemain-pemain terkemuka dunia saat mereka bertanding dalam kejuaraan Wimbledon 2024.
Fitur ini akan menampilkan kartu pemain sebelum dan sesudah pertandingan dengan analisis pemain yang dihasilkan AI melalui wimbledon.com dan aplikasi Wimbledon 2024. Kartu pemain akan dipersonalisasi berdasarkan preferensi dan data pengguna seperti lokasi dan profil Wimbledon pengguna , dimulai dengan pemain favorit mereka.
Dibangun menggunakan Granite LLM IBM, fitur Catch Me Up menyediakan teks yang dihasilkan AI menggunakan platform watsonx. Model tersebut dilatih dengan basis pengetahuan editorial Wimbledon untuk mengehasilkan gaya bahasa yang sudah ditentukan. Tim editorial AELTC dan IBM akan memantau hasilnya dan menggunakan bantuan manusia untuk mengurangi potensi kesalahan data.
Fitur baru ini dirancang untuk membantu Wimbledon memperluas kontennya kepada penggemar tenis baru dan lama secara global, serta memberikan akses kepada penggemar mengenai pertandingan-pertandingan yang sering diadakan secara bersamaan.
Konten pra-pertandingan yang ditawarkan oleh fitur baru ini mencakup analisis performa terkini dan prediksi kemungkinan menang untuk pemain yang bertanding. Konten pasca-pertandingan mencakup highlight dan statistik pertandingan. Fitur ini juga menyediakan tautan relevan ke streaming langsung Wimbledon atau sorotan video apa pun yang tersedia.
“Kami berkomitmen untuk menawarkan pengalaman Wimbledon dengan kualitas terbaik kepada para penggemar , baik secara langsung maupun digital. AI generatif memungkinkan peningkatkan kemampuan kami dalam menyediakan berbagai jenis konten untuk para penggemar di mana pun mereka berada,“ kata Chris Clements, Head of Digital Products, All England Club.
Peluncuran Catch Me Up dilakukan seiring dengan penelitian baru dari IBM dan Morning Consult yang menunjukkan bahwa lebih dari 55% penggemar tenis global yang disurvei percaya bahwa AI akan memberikan dampak positif pada olahraga. Hampir sepertiga (31%) responden menggunakan beberapa perangkat untuk mendapatkan lebih banyak informasi, menonton beberapa pertandingan secara bersamaan, dan berinteraksi dengan penggemar lainnya.
Sekitar setengah (47%) penggemar terlibat dalam konten tambahan untuk berita dan peringkat pemain. Survei ini dilakukan pada Mei 2024 terhadap total sampel 18.082 penggemar olahraga berusia 18 tahun atau lebih di AS, Kanada , Inggris, Prancis , Jerman , Italia , Spanyol , India , UEA, dan Arab Saudi.
“Selama 35 tahun, IBM dan Wimbledon telah bersama-sama menciptakan solusi yang membuat para penggemar merasa lebih terhubung dengan semua aksi di lapangan, dan penelitian baru kami menegaskan bahwa mereka mulai memahami dampak positif teknologi seperti AI generatif,” kata Jonathan Adashek, Senior Vice President of Marketing and Communications IBM.
Kemitraan Wimbledon dan IBM menetapkan standar integrasi teknologi dalam dunia olahraga. Peluncuran fitur Catch Me Up menunjukkan teknologi dapat meningkatkan pengalaman menonton bagi penggemar olahraga tenis. Fitur ini dapat digunakan oleh penggemar tennis pada kejuaraan Wimbledon yang akan diselenggarakan pada 1-14 Juli 2024.