Pengguna Zoom Dapatkan Pembaruan Pendamping AI

Kebutuhan perusahaan modern adalah mengubah percakapan dan data menjadi wawasan penting yang memicu kemajuan nyata, sekaligus mengurangi tugas-tugas administratif yang memakan waktu. Pekerja membutuhkan bantuan kecerdasan buatan (AI) yang tidak hanya bertindak sebagai asisten sederhana, tetapi juga mampu memahami konteks, prioritas, dan tujuan spesifik pengguna. Tujuannya adalah membantu mereka fokus pada hal yang paling berharga dan menghasilkan hasil bisnis yang bermakna.

Zoom Communications, Inc. memperkenalkan AI Companion 3.0 di Zoomtopia 2025. Solusi ini menawarkan inovasi agentic AI yang kuat di seluruh platform Zoom Workplace dan Zoom Business Services. AI Companion 3.0 dirancang sebagai pendamping cerdas di seluruh platform Zoom, yang mengubah percakapan menjadi tindakan nyata.

Fungsi utama AI Companion 3.0 adalah untuk mengungkap wawasan yang lebih dalam. Agentic AI ini dapat mengambil dan mensintesis pengetahuan internal perusahaan seperti dari transkrip panggilan, riwayat obrolan, dan dokumen bersama dengan wawasan eksternal, misalnya, riset pasar yang tersedia untuk umum. Semua ini dilakukan melalui pencarian terpadu yang sadar konteks, sehingga pengguna mendapatkan informasi penting pada waktu yang tepat.

AI Untuk Kelola Tugas Rutin

Selain itu, fitur ini mengoptimalkan hari kerja dengan keterampilan agentic yang proaktif untuk mengelola pekerjaan rutin. Kemampuan baru seperti, persiapan rapat, bantuan grup, dan rekomendasi dalam rapat, membantu pengguna tetap mendapatkan informasi yang tepat. AI Companion, dengan prompt barunya yang berfokus pada hasil, membantu mengidentifikasi, memprioritaskan, dan menyelesaikan tugas di seluruh platform Zoom, termasuk rapat, panggilan telepon, obrolan, dan email.

Fitur lain yang sangat penting adalah kemampuan untuk menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi lebih cepat. Pengguna dapat berinteraksi dengan AI Companion sebagai mitra kolaborasi yang mampu meningkatkan kualitas pekerjaan dengan panduan yang lebih sedikit karena AI sudah memahami konteks mereka, seperti topik percakapan dan proyek terbaru. AI Companion 3.0 juga memperkenalkan permukaan kerja baru di web browser dan aplikasi desktop Zoom Workplace, yang secara dinamis beradaptasi dan menawarkan kecerdasan yang dapat ditindaklanjuti.

Zoom juga meningkatkan layanan bisnisnya untuk menyempurnakan pengalaman pelanggan dan karyawan. Inovasi pengalaman pelanggan mencakup kemampuan untuk mengotomatisasi tugas agen dukungan dengan Agentic AI Expert Assist, mengungkap kecerdasan bisnis dari data pelanggan dengan CX Insights, dan memperluas pengawasan kualitas ke interaksi agen virtual dengan Automated Quality Management.

Selain dukungan pelanggan, Zoom membawa kekuatan agentic AI ke tahap awal perjalanan pelanggan melalui Zoom Revenue Accelerator (ZRA). Tim penjualan mendapatkan kemampuan berbasis AI yang mengambil alih pekerjaan berat dalam mencari prospek, tindak lanjut, dan penjadwalan. Keterampilan agentic prospecting baru pada ZRA berfungsi memindai daftar acara dan sumber lead lainnya, mengidentifikasi prospek berpotensi tinggi, dan memulai penjangkauan yang dipersonalisasi di berbagai saluran komunikasi.

Eric S. Yuan, founder dan CEO Zoom, mengatakan, “Dengan AI Companion 3.0, kecerdasan buatan (AI) kami yang berorientasi pada tindakan dapat memahami konteks spesifik, prioritas, dan tujuan pengguna untuk membantu mereka mengatasi kebisingan, fokus pada hal yang paling penting, dan mendorong hasil bisnis yang berarti.”

Fitur AI Companion 3.0 ini diharapkan tersedia pada November 2025 tanpa biaya tambahan untuk layanan berbayar di akun Zoom Workplace. Untuk organisasi yang membutuhkan AI agentic yang lebih khusus, Custom AI Companion tersedia sebagai add on seharga US$12 per pengguna per bulan, yang memungkinkan administrator membuat dan menerapkan solusi AI yang disesuaikan secara langsung kepada karyawan mereka.