(Source: NVIDIA)
Dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang, merek-merek global besar seperti L’Oréal, LVMH, dan Nestlé merevolusi operasional mereka dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI). Transformasi ini mencakup setiap aspek bisnis, mulai dari desain produk dan pemasaran hingga logistik, semuanya bertujuan meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pelanggan. Perusahaan-perusahaan ini menunjukkan bagaimana integrasi AI, baik dalam bentuk agen AI maupun AI fisik, dapat menjadi kunci pertumbuhan pendapatan dan pengurangan biaya operasional di industri ritel dan barang konsumen.
Gabungan antara AI generatif dan kembaran digital (digital twins) produk 3D membuka potensi kreatif tak terbatas. Nestlé, perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia, mengumumkan kolaborasi dengan NVIDIA dan Accenture untuk meluncurkan layanan internal bertenaga AI baru. Layanan ini akan menciptakan konten produk berkualitas tinggi dalam skala besar untuk e-commerce dan saluran media digital. Berbasis pada kembaran digital yang didukung oleh platform NVIDIA Omniverse, layanan ini menciptakan replika virtual 3D yang persis sama dari produk fisik. Kemasan produk dapat disesuaikan atau dilokalisasi secara digital, memungkinkan integrasi yang mulus ke dalam berbagai lingkungan, seperti kampanye musiman atau format khusus saluran, tanpa perlu pengambilan gambar ulang secara konstan.
Mirip dengan Nestlé, LVMH, perusahaan barang mewah terkemuka di dunia, kini mengadopsi kembaran digital 3D dalam proses produksi kontennya melalui divisi anggur dan spirit, Moët Hennessy. Mereka bermitra dengan Grip, mesin konfigurasi konten, untuk mengembangkan solusi berbasis platform NVIDIA Omniverse. Solusi ini memungkinkan pembuatan kembaran digital 3D yang mendukung produksi berbagai variasi konten. Dengan solusi Grip, tim Moët Hennessy dapat dengan cepat menghasilkan aset dan pengalaman pemasaran digital untuk mempromosikan produk mewah dalam skala besar.
L’Oréal Groupe, pemain kecantikan terkemuka di dunia, juga memanfaatkan AI untuk mengubah pemasaran dan pengalaman berbelanja daring. Mereka berkolaborasi dengan NVIDIA untuk menggunakan platform NVIDIA AI Enterprise guna mentransformasi pengalaman kecantikan konsumen, pemasaran, dan saluran konten iklan mereka. CreAItech, platform konten AI generatif L’Oréal, memperkaya kreativitas tim pemasaran dan konten. Dengan menggabungkan ekosistem modular model, keahlian, teknologi, dan mitra termasuk NVIDIA CreAItech memberdayakan pemasar untuk menghasilkan ribuan gambar, video, dan baris teks yang unik serta sesuai merek untuk berbagai platform dan audiens global.
Selain itu, Noli.com, startup marketplace multi-merek bertenaga AI pertama yang didirikan dan didukung oleh L’Oréal Group, sedang menciptakan kembali cara orang menemukan dan berbelanja produk kecantikan. Pengalaman AI Beauty Matchmaker Noli menggunakan keahlian L’Oréal Groupe yang sudah berusia seabad dalam dunia kecantikan, termasuk pengetahuan luas tentang sains kecantikan, teknologi kecantikan, dan wawasan konsumen yang dibangun dari lebih dari 1 juta titik data kulit dan analisis ribuan formulasi produk. Ini memberikan pengguna profil BeautyDNA dengan panduan tingkat ahli dan rekomendasi produk yang dipersonalisasi untuk perawatan kulit dan rambut.