
(Source: Google)
Meskipun belanja online sangat praktis, pembeli sering dihadapkan pada kesulitan memilih produk atau membayangkan tampilan pakaian saat dipakai. Sekarang ada cara baru untuk berbelanja online. Google meluncurkan fitur inovatif AI Mode ke dalam pengalaman berbelanja. Fitur ini memanfaatkan kecerdasan buatan untuk memberikan panduan cerdas, visual yang menarik, dan informasi produk yang akurat, termasuk kemampuan untuk mencoba pakaian secara virtual menggunakan foto pribadi.
Solusi utama yang ditawarkan oleh AI Mode adalah pengalaman berbelanja yang lebih interaktif dan personal. Pembelanja akan dibantu untuk menemukan produk yang mereka cari dengan lebih efektif. Dengan memanfaatkan kemampuan Gemini dan Shopping Graph yang memiliki lebih dari 50 miliar daftar produk, AI Mode mampu memahami preferensi pengguna dan memberikan inspirasi visual yang relevan. Sebagai contoh, jika pengguna mencari tas yang lucu, fitur ini akan menampilkan panel gambar dan daftar produk yang dipersonalisasi sesuai dengan selera mereka. Selanjutnya, pengguna dapat mempersempit pilihan berdasarkan kriteria spesifik, seperti jenis tas yang cocok untuk cuaca hujan di Portland pada bulan Mei, dan AI Mode akan melakukan pencarian simultan untuk menyaring opsi yang paling sesuai.
Fitur penting lain dari AI Mode ialah kemampuannya membantu pengguna berbelanja sesuai anggaran. Fitur lacak harga memungkinkan pembelanja untuk mengatur harga yang diinginkan untuk suatu produk. Sistem akan otomatis memantau dan memberi notifikasi jika harga produk turun sesuai target. Saat siap membeli, cukup konfirmasi detail dan ketuk beli untuk saya.
Selain membantu dalam menemukan dan membeli produk, AI Mode juga menawarkan pengalaman mencoba pakaian secara virtual yang revolusioner. Teknologi virtual try-on yang sebelumnya telah membantu pembelanja membayangkan tampilan pakaian pada berbagai tipe tubuh, kini ditingkatkan agar dapat bekerja dengan foto pembelanja sendiri. Dengan mengunggah foto diri, pembelanja dapat melihat bagaimana miliaran daftar pakaian dari Shopping Graph akan terlihat dikenakan pada tubuh mereka. Teknologi ini didukung oleh model pembuatan gambar khusus untuk fashion yang memahami anatomi tubuh manusia dan nuansa pakaian, seperti bagaimana berbagai bahan terlipat, meregang, dan jatuh pada tubuh yang berbeda.
Fitur coba pakai ini saat ini sedang diluncurkan dalam Search Labs di Amerika Serikat. Saat berbelanja kemeja, celana, rok, dan gaun di Google, pembelanja dapat mengetuk ikon coba pakai pada daftar produk. Setelah mengunggah foto seluruh badan, dalam beberapa saat, pembelanja akan melihat bagaimana pakaian tersebut terlihat pada diri mereka.










