Gramedia mengalami beberapa kendala, seperti antrean panjang di kasir, terutama saat toko sedang ramai. Proses manual sering menyebabkan kesalahan transaksi dan input data, sehingga mengurangi efisiensi dan akurasi. Selain itu, Gramedia kesulitan mengelola stok barang karena sulit melacaknya dengan tepat. Masalah-masalah ini membuat operasional kurang lancar dan membatasi staf dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.
Jaringan toko buku terbesar di Indonesia dengan lebih dari 100 gerai di seluruh negeri ini telah mengadopsi solusi RFID dari Zebra Technologies untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman berbelanja pelanggan. Setelah mengimplementasi solusi ini, Gramedia berhasil mengurangi waktu pengecekan inventaris hingga 50% dan mempercepat proses self-checkout bagi pelanggan sebesar 60% dibandingkan dengan metode kasir manual.
Agus Yulianto, Manajer TI Gramedia, mengatakan, “Solusi RFID dari Zebra telah meningkatkan pengalaman berbelanja secara keseluruhan. Transaksi berjalan lebih cepat dan mandiri, sehingga mengurangi kesalahan manusia, dan meminimalkan kerugian dengan adanya gerbang keluar berkemampuan RFID.”
Selain itu, penerapan teknologi RFID ini memungkinkan Gramedia untuk mengalokasikan kembali 75% jam kerja staf dari tugas-tugas dasar ke aktivitas yang lebih bernilai bagi pelanggan. Akurasi stok juga meningkat sebesar 50%, mampu mengurangi kesalahan manusia dalam pengelolaan inventaris.
Dalam implementasinya, Gramedia bekerja sama dengan PT Duta Kalingga Pratama (DKP), mitra Premier Solution Partner dari Zebra, untuk merancang solusi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Eric Ananda, Country Lead Zebra Technologies Indonesia, menambahkan, “Retailer progresif sudah berinvestasi dalam teknologi canggih untuk mencapai profitabilitas yang lebih besar dan meningkatkan pengalaman berbelanja yang pada akhirnya berujung pada loyalitas pelanggan yang lebih tinggi.”
Dengan transformasi digital ini, Gramedia tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi pelanggan, memastikan mereka tetap menjadi pemimpin dalam industri retail buku di Indonesia.