.jpg)
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan tulang punggung ekonomi global. Namun, studi terbaru dari IBM Institute for Business Value mengungkap adanya kesenjangan yang signifikan antara kebutuhan UKM dengan layanan yang ditawarkan oleh bank. Laporan ini dihasilkan dari survei global terhadap pemilik dan manajer bisnis UKM dengan 50 atau lebih karyawan, eksekutif perbankan senior, dan pemimpin fintech.
Sorotan utama dalam laporan ini meyatakan bahwa UKM sangat menghargai bank yang memahami bisnis mereka secara mendalam dan menawarkan solusi yang disesuaikan. Sayangnya, hanya Hanya 6% eksekutif bank yang menilai kualitas layanan perbankan UKM lembaga mereka dengan nilai “A”. Sedangakan, hampir setengahnya (47%) memberi nilai “C” untuk diri mereka sendiri.
Para eksekutif bank yang disurvei sebagian besar mengakui nilai standar teknologi, dengan 64% menyebutkan kemampuan untuk membangun lebih cepat, 64% mencatat pengurangan biaya pengembangan dan pemeliharaan, dan 60% menghargai kemampuan untuk mengintegrasikan lebih cepat. Baik UKM maupun bank menyadari pentingnya teknologi. Namun, UKM menginginkan fleksibilitas dan kemampuan adaptasi yang lebih tinggi dari sistem teknologi bank.
“Kabar baiknya adalah bahwa teknologi baru seperti AI generatif , dikombinasikan dengan otomatisasi dan strategi data yang kuat, membuat potensi lembaga keuangan untuk memainkan peran yang jauh lebih berdampak dalam pertumbuhan segmen klien penting ini menjadi semakin mudah dijangkau,” kata Shanker Ramamurthy, Global Managing Partner Banking & Financial Markets, IBM Consulting.
Kesenjangan antara harapan UKM dan layanan bank ini menciptakan peluang besar bagi lembaga keuangan yang mampu memahami kebutuhan unik setiap UKM dan menawarkan solusi yang disesuaikan. Mereka dapat menggunakan platform teknologi yang dapat dengan cepat beradaptasi dengan perubahan pasar.
Studi ini menunjukkan bahwa bank perlu melakukan transformasi digital yang lebih cepat dan lebih mendalam untuk memenuhi kebutuhan UKM. Lembaga keuangan yang mampu memanfaatkan teknologi dengan baik dan membangun hubungan yang kuat dengan klien akan menjadi pemenang di pasar yang kompetitif ini.






