
Zoho Corporation baru-baru ini meluncurkan versi terbaru dari platform Business Intelligence (BI) dan analitik otomatis, Zoho Analytics. Pembaruan ini menandai lompatan besar dalam kemampuan AI dan Machine Learning (ML), menjadikan analisis data lebih mudah diakses dan lebih bermakna bagi berbagai jenis bisnis.
Salah satu sorotan utama dari pembaruan ini adalah integrasi AI generatif yang mendalam ke seluruh platform. Dengan fitur seperti Analisis Otomatis, Zoho Analytics dapat secara otomatis menghasilkan metrik, laporan, dan dasbor yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Selain itu, integrasi dengan OpenAI memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan natural language dan mendapatkan jawaban yang relevan secara instan.
Kemampuan AI lainnya yang menarik dari pembaruan ini termasuk, DSML Studio, yang memungkinkan pengguna membangun model ML kustom dengan mudah untuk memprediksi churn pelanggan, Stream Analytics yang mampu menganalisis data secara real-time, dan lapisan metrik terpadu yang dapat melakukan standarisasi metrik bisnis untuk memastikan konsistensi dan akurasi dalam analisis.
Zoho Analytics juga menawarkan kustomisasi untuk pengguna dalam membuat konektor data secara kustom, membangun alur kerja otomatis, dan menggabungkan wawasan dari berbagai platform BI.
Dengan fitur-fitur dan antarmuka yang user-friendly, Zoho Analytics membuat analisis data menjadi lebih mudah diakses oleh semua orang, tidak hanya para ahli data. Bisnis dari berbagai ukuran dan industri dapat memanfaatkan platform ini untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang data mereka dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.







