Inovasi bolttech Perkuat Layanan Pelanggan Omni Channel Dengan AI

(Source: Freepik)

Di era konektivitas ini, ekspektasi pelanggan akan layanan yang cepat, personal, dan efisien semakin meningkat. Menjawab tantangan tersebut, perusahaan insurtech global seperti bolttech tengah memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) generatif untuk merevolusi pengalaman pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional. Langkah ini menandai pergeseran signifikan dalam cara layanan asuransi disampaikan dan dikonsumsi secara global, menunjukkan komitmen industri untuk memanfaatkan teknologi terkini demi kepuasan pelanggan.

Dalam upaya menghadirkan layanan pelanggan yang lebih baik dan efisien, bolttech, perusahaan insurtech internasional yang berkantor pusat di Singapura, kini mengimplementasikan solusi AI generatif dari Amazon Web Services (AWS) di seluruh alur kerja pelanggan dan internalnya. Solusi ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pelanggan sekaligus mengurangi biaya. Melalui kolaborasi dengan AWS, bolttech yang melayani jutaan pelanggan di 37 pasar di empat benua, siap untuk mentransformasi layanannya dengan inovasi AI terdepan

Sebagai pusat dari inisiatif terbarunya, bolttech telah menciptakan platform AI generatif internal bernama bolttech GenAI Factory. Platform ini memanfaatkan kekuatan Amazon Bedrock dan didukung oleh Amazon Connect serta Amazon Lex untuk memperkuat solusi pusat panggilan omni-channel yang sudah ada. Selain itu, bolttech GenAI Factory akan dimanfaatkan oleh tim internal bolttech. Mereka akan menggunakan platform ini untuk mengembangkan dan menerapkan aplikasi AI generatif mereka sendiri, sehingga memperluas kemampuan inovasi di seluruh perusahaan.

bolttech GenAI Factory memperkuat layanan pusat kontak perusahaan melalui pemanfaatan AI agentik, sebuah sistem AI generatif yang dirancang untuk mengotomatisasi tugas, berinteraksi dengan lingkungannya, mengumpulkan data, dan menggunakannya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Solusi AI generatif ini mengintegrasikan kemampuan konversi ucapan ke ucapan ke dalam chatbot bolttech, memungkinkan percakapan yang mulus dan alami dengan pelanggan dalam berbagai bahasa, yang saat ini sedang diuji coba di Korea Selatan. Selain itu, sistem ini menyediakan respons real-time yang dipersonalisasi untuk pertanyaan polis asuransi pelanggan dalam bahasa asli mereka, mencakup berbagai pertanyaan sederhana dan kompleks, dengan waktu respons yang hampir instan. Dengan mengotomatiskan tugas-tugas rutin seperti pemrosesan klaim dasar, agen manusia dapat fokus pada interaksi yang bernilai lebih tinggi, yang pada gilirannya tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memperkuat komitmen bolttech terhadap kepuasan pelanggan kelas dunia di seluruh operasi globalnya.

“bolttech adalah contoh perusahaan yang menghadirkan inovasi menggunakan AI generatif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional, dan mendorong inovasi dalam cara penyampaian dan konsumsi layanan asuransi secara global. Kami sangat senang dapat mendukung bolttech, dan kami senang bahwa pendekatan AWS yang berbasis pilihan dan model agnostik memberikan kenyamanan bertenaga AI kepada pelanggan yang cerdas di garis depan revolusi AI,” kata Priscilla Chong, Country Manager, AWS Singapura.

bolttech GenAI Factory lebih dari sekadar alat untuk resolusi klaim dan peningkatan pusat kontak. Platform ini juga berperan sebagai mesin inovasi utama di seluruh perusahaan. Dengan infrastruktur AWS, platform ini memberdayakan tim internal bolttech untuk mengembangkan dan menyebarkan aplikasi AI generatif mereka sendiri di berbagai lini bisnis asuransi. Inovasi ini mencakup underwriting, pemrosesan klaim, layanan pelanggan, hingga pengembangan produk.

bolttech akan memanfaatkan AI untuk meningkatkan prediksi, pencegahan, dan pemulihan dalam penawaran produk kepada pelanggan. Dalam prediksi, AI digunakan untuk meningkatkan penilaian risiko dan menyediakan produk asuransi yang dipersonalisasi. Hal ini memungkinkan pemegang polis mengambil tindakan pencegahan untuk meminimalkan potensi kerugian. Dalam pemulihan, chatbot dan asisten virtual bertenaga AI mempercepat pemrosesan klaim dan memberikan dukungan instan kepada pemegang polis setelah insiden. Inovasi-inovasi ini bertujuan untuk mengurangi rasio kerugian seiring waktu serta menyediakan pemulihan dan perbaikan yang cepat dan menyeluruh saat kejadian kerugian yang tak terhindarkan terjadi.