Inovasi IBM Buat Penonton Semakin Terlibat Di Turnamen Golf Masters Tournament

(Source: IBM)

Sejak diluncurkan pada 1996, IBM dan Masters Tournament, turnamen golf dunia, telah memelopori inovasi digital, seperti AI Highlights untuk sorotan pertandingan otomatis, Round in Three Minutes dapat menyajikan rekaman singkat setiap ronde, dan My Group  bisa melacak grup pemain favorit. Kolaborasi ini membuktikan bahwa data dan AI dapat mentransformasi pengalaman pengguna, tidak hanya dalam olahraga, tetapi juga di sektor ritel dan hiburan.

Jonathan Adashek, Senior Wakil Presiden Pemasaran dan Komunikasi IBM, mengatakan, “Kombinasi yang kuat antara manusia dan teknologi, termasuk model dan agen AI watsonx, merupakan studi kasus langsung untuk bisnis di semua industri tentang bagaimana dapat membuka potensi data mereka untuk memberikan wawasan bisnis yang dapat ditindaklanjuti dan pengalaman pelanggan yang luar biasa.” 

Fitur Hole Insights 2.0 yang didukung oleh AI watsonx dan model bahasa Granite LLM memberikan analisis mendalam pada setiap pukulan paa atlet golf di turnamen. Fitur ini mengolah data 180.000 pukulan selama sembilan tahun turnamen. Fitur ini menyajikan rekap harian, proyeksi kesulitan lubang berdasarkan data historis, serta memberikan insight seperti peluang birdie dari posisi bola.

IBM Consulting menyempurnakan model AI dengan masukan dari para ahli golf, termasuk mantan kaddie Masters, untuk meningkatkan akurasi prediksi. Sementara itu, aplikasi Masters pada Apple Vision Pro mendapatkan pembaruan dengan visual 3D yang lebih tajam dan fitur Video on Demand. Pengguna dapat mengeksplorasi kontur Augusta National yang merupakan tempat penyelenggaraan Master Tournament, menonton siaran langsung secara simultan, dan menikmati komentar otomatis melalui AI Narration. Integrasi Hole Insights 2.0 memungkinkan penggemar menganalisis strategi pemain dengan sudut pandang 360 derajat.

Integrasi watsonx, Masters Tournament menetapkan standar baru dalam keterlibatan penggemar. Teknologi ini tidak hanya memprediksi performa pemain, tetapi juga membuka peluang bisnis melalui personalisasi konten. Adashek menambahkan, “Selama lebih dari 30 tahun, IBM dan Augusta National telah bekerja sama untuk menciptakan pengalaman digital yang unik yang menghadirkan keindahan, tradisi, dan keseruan Masters kepada jutaan penggemar golf di seluruh dunia.”