_11zon.jpg)
(Source: Freepik)
Di lanskap industri kebersihan komersial yang terus berubah, kebutuhan akan efisiensi dan visibilitas operasional kian mendesak. Semakin banyak organisasi yang menggunakan solusi robotik untuk kebersihan, tantangan mengelola beragam armada robot dari berbagai produsen pun ikut meningkat. Untuk mengatasi hal ini, SoftBank Robotics America memperkenalkan platform inovatif yang dirancang untuk menyederhanakan dan mengoptimalkan pengelolaan armada robot otonom.
Platform SoftBank Robotics Connect ini menawarkan pendekatan terotomatisasi dan terintegrasi untuk mengelola berbagai solusi otonom dari berbagai OEM. Hall ini memungkinkan transparansi operasional yang lebih baik dan peningkatan produktivitas yang nyata. Dengan demikian, Kontraktor Layanan Gedung (BSC) yang inovatif dan tim manajemen layanan properti kini dapat melihat seluruh operasional mereka dengan jelas, serta memiliki fleksibilitas lebih besar dalam mengoptimalkan layanan komersial.
SoftBank Robotics Connect didesain untuk memungkinkan pengguna memilih robot terbaik untuk setiap pekerjaan, lintas produsen, dan mengelola performa seluruh operasional layanan dari satu dashboard terpusat. Platform ini membuat pelaporan kinerja lebih mudah dan mendukung peningkatan produktivitas yang lebih efektif, menetapkan patokan baru dalam perbaikan operasional berkelanjutan. Berkat fitur ini, tim operasi dapat mengelola rute dan lokasi, serta menerima informasi produktivitas armada robot mereka secara hampir real-time.
Lebih dari sekadar pelaporan, SoftBank Robotics Connect juga memberikan wawasan berbasis analitik data yang dapat ditindaklanjuti. Wawasan ini membantu mendorong peningkatan yang ditargetkan dalam produktivitas, waktu kerja layanan, kualitas, dan konsistensi standar prosedur operasional.
“Platform ini memberikan akses kepada anggota tim untuk melacak produktivitas armada robotik, mulai dari ratusan robot, hingga satu robot, di mana pun di seluruh dunia. Data ini dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi armada dengan mengenali tren dan menyelesaikan masalah secara proaktif, atau untuk menunjukkan produktivitas dan nilai keseluruhan program robotika,” kata Kate Kidd, VP Products, SoftBank Robotics America.
Pelanggan besar seperti Flagship Facility Services dan University of Delaware (UD) telah merasakan langsung manfaat dari SoftBank Robotics Connect. Flagship Facility Services berhasil mengerahkan lebih dari 100 robot otonom di hampir 15 lokasi pelanggan hanya dalam enam bulan. Mereka melihat platform ini sebagai alat strategis untuk mengelola kinerja program di semua lokasi dan memberikan nilai bisnis berkelanjutan. Begitu pula, University of Delaware, yang menggunakan kombinasi robot Whiz dan S50, dapat memantau kinerja berbagai robot dari satu dasbor. Mereka juga bisa memahami rencana kerja untuk setiap robot, dan yang lebih penting, memiliki bukti bahwa pekerjaan telah diselesaikan.
Platform ini menjadi semakin penting mengingat kondisi pasar yang membuat ketersediaan tenaga kerja untuk posisi operasional layanan berkurang. Organisasi yang sangat mengandalkan konsistensi untuk meningkatkan pendapatan melalui pengalaman dan persepsi pelanggan, kini melihat bahwa penggunaan robot otonom untuk kebersihan komersial bisa jadi bermanfaat. Dengan SoftBank Robotics Connect, Kontraktor Layanan Gedung (BSC) dan tim operasi layanan properti memiliki fleksibilitas dan pilihan penuh atas robot yang mereka gunakan.










