YouTube Menduduki Puncak Kepercayaan Konsumen

Survei Gartner 2025 menunjukkan YouTube sebagai platform media sosial paling tepercaya dengan 61% konsumen mengandalkannya untuk informasi akurat. Temuan ini menegaskan bahwa kepercayaan kini menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran digital dan pemilihan platform oleh CMO.

Meskipun visibilitas di platform media sosial adalah penting, tingkat kepercayaan kini menjadi faktor yang menentukan strategi penentuan penggunaan platform bagi para pemasar. Kepercayaan menjadi semakin vital karena penemuan yang didukung AI secara terus menerus memunculkan konten sosial. Menjaga kredibilitas di antara konsumen, yang memiliki perasaan campur aduk tentang AI, menjadi hal yang patut diperhatikan.

Survei Gartner terhadap 365 konsumen di Amerika Serikat, yang dilakukan pada Juli dan Agustus 2025, menemukan bahwa di antara semua platform yang dievaluasi, YouTube muncul sebagai platform media sosial paling tepercaya untuk informasi yang akurat. Sebanyak 61% konsumen yang disurvei mengidentifikasi YouTube sebagai platform yang dapat dipercaya untuk keakuratan informasi. Reddit menyusul di posisi kedua dengan 47%, dan Instagram menempati peringkat ketiga dengan 32%.

Strategi Pemasaran Konten

Claudia Ratterman, Director Analyst Marketing Practice di Gartner, mengatakan, “Pemasar harus menyadari bahwa kredibilitas kini menjadi penting dalam ekosistem media sosial dan pencarian. Para CMO sebaiknya memprioritaskan investasi pada platform yang tidak hanya memiliki peringkat tinggi dalam pencarian tetapi juga dipercaya oleh audiens target mereka.”

Untuk membangun ekuitas merek yang berkelanjutan, strategi pemasaran konten harus disesuaikan dengan hierarki kepercayaan yang ada. Prioritas pada platform seperti YouTube akan memungkinkan merek untuk memanfaatkan fondasi kepercayaan yang sudah ada pada platform tersebut, sekaligus memastikan pesan merek tidak hanya terlihat, tetapi juga diterima sebagai informasi yang benar oleh konsumen.