
(Source: Fujitsu)
Fujitsu Limited baru saja merilis Fujitsu Technology and Service Vision 2025, merupakan panduan yang menjabarkan visi mereka untuk bisnis dan masyarakat di masa depan. Visi ini menekankan pemanfaatan ekosistem lintas industri, yang didukung oleh kolaborasi antara manusia dan kecerdasan buatan (AI). Tujuannya adalah membantu perusahaan mencapai pertumbuhan sambil mengatasi masalah sosial yang kompleks dan menciptakan nilai positif bersih bagi lingkungan, ekonomi, dan kesejahteraan secara keseluruhan.
Visi Fujitsu 2025 adalah langkah proaktif untuk menghadapi tantangan zaman. Fujitsu berambisi menjadi perusahaan teknologi yang mewujudkan dampak positif bersih pada lingkungan dan masyarakat melalui layanan digital di tahun 2030. Untuk mencapainya, mereka berkomitmen menangani isu-isu krusial seperti masalah lingkungan global, pengembangan masyarakat digital, dan peningkatan kesejahteraan manusia. Solusi yang ditawarkan berpusat pada ekosistem regeneratif, sebuah ekosistem penciptaan nilai baru yang menempatkan manusia dan AI sebagai inti, serta mendorong kolaborasi dengan mitra lintas industri demi mencapai hasil yang benar-benar positif.
Fujitsu sangat menyoroti peran sentral kecerdasan buatan (AI). Berdasarkan survei internal Fujitsu pada Februari 2025, mayoritas pemimpin bisnis (81%) berharap beralih ke model berbasis ekosistem, dan hampir semua (79%) percaya bahwa pada tahun 2030, setiap karyawan akan didukung oleh AI dalam pekerjaan mereka. AI, melalui agen otonomnya yang bekerja untuk mencapai tujuan tertentu, akan terintegrasi di seluruh lini bisnis, mengubah strategi dan proses perusahaan. Fujitsu yakin bahwa dengan menghubungkan manusia, bisnis, dan masyarakat melalui agen multi-AI untuk membangun ekosistem, akan terjadi tiga transformasi utama: membuka potensi manusia agar mereka bisa fokus pada tugas yang lebih inovatif, mendesain ulang bisnis dengan agen AI yang terspesialisasi pada tugas tertentu, dan berkontribusi pada net positive dengan berbagi data dan AI di seluruh ekosistem lintas industri.
Dalam rangka mewujudkan transformasi ini, Fujitsu akan memusatkan upaya penelitian dan pengembangannya pada lima area teknologi utama yang berpusat pada AI. Sebagai mitra yang mendukung transformasi pelanggan, Fujitsu akan menggerakkan inisiatif lintas industri yang memanfaatkan AI dan teknologi lainnya melalui tiga area fokus Fujitsu Uvance. Mereka akan meningkatkan produktivitas melalui kolaborasi manusia-AI, menyediakan teknologi dan layanan yang optimal mulai dari perencanaan hingga implementasi dan pemanfaatan AI. Selanjutnya, Fujitsu akan meningkatkan pengambilan keputusan dengan AI melalui Decision Intelligence, yang mengintegrasikan data internal dan menggabungkan AI untuk mempertajam keputusan perusahaan. Terakhir, mereka bertekad untuk menyelesaikan tantangan sosial dengan ekosistem dengan berkontribusi pada kolaborasi data lintas industri menggunakan teknologi kepercayaan canggih, serta memimpin praktik seperti estimasi efek langkah-langkah pengurangan CO2.









